Disini menyediakan berbagai macam informasi yang menarik

Tuesday, September 29, 2015

PERANGKAT LUNAK

5:58 AM Posted by Unknown No comments
APLIKASI PERANGKAT LUNAK

Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrolperangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputer.Sistem operasi adalah suatu contoh yang jelas, sedangkan OpenGL atau pustaka basis data adalah contoh lainnya. Perangkat lunak jenis ini dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas spesifik dan produktif, seperti pengolahan kata atau manipulasi gambar.
contoh gambar perangkat lunak sistem :


Perangkat lunak Real time
Program-program yang memonitor, menganalisis, mengontrol kejadian dunia nyata pada saat terjadinya dalam rentang waktu yang tetap melalui jangkauan 1 milidetik sampai 1 menit.
Elemen dari Real Time Software:
• Komponen pengumpulan data, yang mengumpulkan dan menformatinformasi dari lingkungan ekternal.
• Komponen analisa, yang mentransformasikan informasi yang diperlukan atau aplikasi tersebut.
• Komponen kontrol/output, yang memberikan respon terhadap lingkungan eksternal.
• Komponen monitoring, yang mengkoordinasi komponen-komponen lainnya, sehingga bisa memberikan respon yang Real Time (biasanya antara 1 milidetik/1 menit)
• Contoh: Mesin ATM (Automatic Teller Machine) bank, sistem informasi saham, pemesanan tiket pesawat terbang, beberapa mobil berteknologi EFI
• (Electronic Fuel Injection) dan VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence), sistem jajak pendapat pemilu capres / cawapres
contoh perangkat lunak real time :
EMBEDDED SOFTWARE
Embedded software adalah perangkat lunak komputer, ditulis untuk mengontrol mesin atau perangkat yang tidak biasanya dianggap sebagai komputer. Hal ini biasanya khusus untuk hardware tertentu yang berjalan dan memiliki waktu dan memori kendala. Istilah ini kadang-kadang digunakan bergantian dengan firmware, meskipun firmware juga dapat diterapkan untuk kode berbasis ROM pada komputer, di atas yang OS berjalan, sedangkan perangkat lunak tertanam biasanya hanya perangkat lunak pada perangkat tersebut.
                       
Karakteristik yang tepat dan stabil adalah bahwa ada atau tidak semua fungsi perangkat lunak tertanam diawali / dikontrol melalui antarmuka manusia, tetapi melalui mesin-interface sebagai gantinya.
'Membangun di' produsen perangkat lunak tertanam dalam elektronik di mobil, telepon, modem, robot, peralatan, mainan, sistem keamanan, alat pacu jantung, televisi dan set-top box, dan jam tangan digital, misalnya.  Software ini bisa sangat sederhana, seperti kontrol pencahayaan berjalan pada 8-bit mikroprosesor dan beberapa kilobyte memori dengan tingkat yang sesuai kompleksitas pengolahan ditentukan dengan kerangka Komputasi Mungkin Sekitar Benar (metodologi berdasarkan algoritma Acak), atau dapat menjadi sangat canggih dalam aplikasi seperti pesawat terbang, rudal, dan sistem kontrol proses
contoh embedded software :
  PERANGKAT LUNAK PERSONAL KOMPUTER


Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computersemula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

 terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

contoh perangkat lunak personal komputer :
Perangkat lunak Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
Artificial Intelligence atau AI didefinisikan sebagaikecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan.Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatumesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikitkecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.


Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasiyang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesinuntuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata.


Contoh:
Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.
contoh gambar :
RUANG LINGKUP :

Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak


lingkup RPL dapat digambarkan sebagai berikut : 



  • Software requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
  • Software design mencakup proses penentuan arsitektur, komponen, antarmuka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
  • Software construction berhubungan dengan detil pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian, dan pencarian kesalahan. 
  • Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
  • Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
  • Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
  • Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
  • Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
  • Software engineering process berhubungan dengan definisi, implementasi,pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL.
  • Software quality menitikberatkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak.

0 comments:

Post a Comment