Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrolperangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputer.Sistem operasi adalah suatu contoh yang jelas, sedangkan OpenGL atau pustaka basis data adalah contoh lainnya. Perangkat lunak jenis ini dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas spesifik dan produktif, seperti pengolahan kata atau manipulasi gambar.
contoh gambar perangkat lunak sistem :
Perangkat lunak Real time
Program-program yang memonitor, menganalisis, mengontrol
kejadian dunia nyata pada saat terjadinya dalam rentang waktu yang tetap
melalui jangkauan 1 milidetik sampai 1 menit.
Elemen dari Real Time Software:
• Komponen pengumpulan data, yang mengumpulkan dan
menformatinformasi dari lingkungan ekternal.
• Komponen analisa, yang mentransformasikan informasi yang diperlukan atau
aplikasi tersebut.
• Komponen kontrol/output, yang memberikan respon terhadap lingkungan
eksternal.
• Komponen monitoring, yang mengkoordinasi komponen-komponen lainnya, sehingga
bisa memberikan respon yang Real Time (biasanya antara 1 milidetik/1 menit)
• Contoh: Mesin ATM (Automatic Teller Machine) bank, sistem informasi saham,
pemesanan tiket pesawat terbang, beberapa mobil berteknologi EFI
• (Electronic Fuel Injection) dan VVT-i (Variable Valve Timing with
Intelligence), sistem jajak pendapat pemilu capres / cawapres
contoh perangkat lunak real time :
EMBEDDED SOFTWARE
Embedded software adalah perangkat lunak
komputer, ditulis untuk mengontrol mesin atau perangkat yang tidak biasanya dianggap
sebagai komputer. Hal ini biasanya khusus untuk hardware tertentu yang berjalan
dan memiliki waktu dan memori kendala. Istilah ini kadang-kadang digunakan
bergantian dengan firmware, meskipun firmware juga dapat diterapkan untuk kode
berbasis ROM pada komputer, di atas yang OS berjalan, sedangkan perangkat lunak
tertanam biasanya hanya perangkat lunak pada perangkat tersebut.
Karakteristik yang tepat dan stabil adalah
bahwa ada atau tidak semua fungsi perangkat lunak tertanam diawali / dikontrol
melalui antarmuka manusia, tetapi melalui mesin-interface sebagai gantinya.
'Membangun di' produsen perangkat lunak
tertanam dalam elektronik di mobil, telepon, modem, robot, peralatan, mainan,
sistem keamanan, alat pacu jantung, televisi dan set-top box, dan jam tangan
digital, misalnya. Software ini bisa
sangat sederhana, seperti kontrol pencahayaan berjalan pada 8-bit mikroprosesor
dan beberapa kilobyte memori dengan tingkat yang sesuai kompleksitas pengolahan
ditentukan dengan kerangka Komputasi Mungkin Sekitar Benar (metodologi
berdasarkan algoritma Acak), atau dapat menjadi sangat canggih dalam aplikasi
seperti pesawat terbang, rudal, dan sistem kontrol proses
contoh embedded software :
PERANGKAT LUNAK PERSONAL KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computersemula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan
kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir
eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern
dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
disebut sebagai komputer.
• Komponen analisa, yang mentransformasikan informasi yang diperlukan atau aplikasi tersebut.
• Komponen kontrol/output, yang memberikan respon terhadap lingkungan eksternal.
• Komponen monitoring, yang mengkoordinasi komponen-komponen lainnya, sehingga bisa memberikan respon yang Real Time (biasanya antara 1 milidetik/1 menit)
• Contoh: Mesin ATM (Automatic Teller Machine) bank, sistem informasi saham, pemesanan tiket pesawat terbang, beberapa mobil berteknologi EFI
• (Electronic Fuel Injection) dan VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence), sistem jajak pendapat pemilu capres / cawapres
PERANGKAT LUNAK PERSONAL KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computersemula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
contoh perangkat lunak personal komputer :
Perangkat lunak Kecerdasan Buatan (Artificial
Intelligence)
Artificial Intelligence atau AI didefinisikan
sebagaikecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan.Sistem seperti
ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan
ke dalam suatumesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang
dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan
buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy,
jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikitkecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikitkecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki konotasi
fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer,
berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasiyang cerdas dalam
sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesinuntuk mengotomatisasikan
tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian,
perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan
pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti
itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian
pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata.
Contoh:
Contoh:
Sistem AI sekarang ini
sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti
yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah
dan video game.
contoh gambar :
RUANG LINGKUP :
Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak
lingkup RPL dapat digambarkan sebagai berikut :
- Software requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
- Software design mencakup proses penentuan arsitektur, komponen, antarmuka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
- Software construction berhubungan dengan detil pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian, dan pencarian kesalahan.
- Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
- Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
- Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
- Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
- Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
- Software engineering process berhubungan dengan definisi, implementasi,pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL.
- Software quality menitikberatkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak.
0 comments:
Post a Comment